Biasakan diri membaca Surah Al Mulk





Assalamualaikum sahabatku yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta'ala 😊 pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah amalan yang kalau kita rutin mengerjakannya maka kita akan mendapatkan faedah yang luar biasa. sudah banyak di kajian kajian yang membahas keutamaan amalan ini. Yaitu membaca Surah Al-Mulk.
Apapun surah yang dibaca, semua memiliki khasiat yang luar biasa yang akan menjadi pelindung di akhir nanti, dan selalu ada keistimewaan, kelebihan, dan fadhilah masing-masing termasuk Surah Al-Mulk yang terdiri dari 30 ayat ini. Apabila surah Al-Mulk dibaca secara istiqomah, nicaya di alam kubur kita dibebaskan dari siksa kubur, dan tidak akan direiberkan dengan pengadilan kubur.



Tentu saja hal ini mesti kita tinjau terlebih dahulu keshahihan hadits-haditsnya. Semoga sajian ini bermanfaat 😊


حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَبَّاسٍ الْجُشَمِىِّ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ  إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ


Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Ja’far, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Qotadah, dari ‘Abbas Al Jusyamiydari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, Ada suatu surat dari al qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: “Tabaarakalladzii biyadihil mulku… (surat Al Mulk)(HR. Tirmidzi no. 2891, Abu Daud no. 1400, Ibnu Majah no. 3786, dan Ahmad 2/299).



خبرنا عبيد الله بن عبد الكريم وقال حدثنا محمد بن عبيد الله أبو ثابت المدني قال حدثنا بن أبي حازم عن سهيل بن أبي صالح عن عرفجة بن عبد الواحد عن عاصم بن أبي النجود عن زر عن عبد الله بن مسعود قال : من قرأ { تبارك الذي بيده الملك } كل ليلة منعه الله بها من عذاب القبر وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه و سلم نسميها المانعة وإنها في كتاب الله سورة من قرأ بها في كل ليلة فقد أكثر وأطاب



Telah menceritakan pada kami ‘Ubaidullah bin ‘Abdil Karim, ia berkata, telah menceritakan pada kami Muhammad bin ‘Ubaidillah Abu Tsabit Al Madini, ia berkata, telah menceritakan pada kami Ibnu Abi Hazim, dari Suhail bin Abi Sholih, dari ‘Arfajah bin ‘Abdul Wahid, dari ‘Ashim bin Abin Nujud, dari Zarr, dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “al Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur).  Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim. Hakim mengatakan bahwa sanad hadits tersebut shahih)

sumber: https://rumaysho.com/1110-keutamaan-surat-al-mulk-mencegah-dari-siksa-kubur.html


Manfaat & Khasiat Surat Al-Mulk Untuk Kehidupan Di Dunia & Akhirat

1.    Diantara Surat yang Diperhatikan Nabi 
Dari Jabir bin Abdillah berkata, “Rasululullah tidak tidur pada malam hari sehingga dia membaca (Alif Laam Miim, Tanzil) dan (Tabaaraka Biyadihil Mulku).” (HR Tirmidzi).

2.    Mendapatkan pengampunan dosa

Dari Abu Huroiroh, Nabi -shollallohu alaihi wasallam- bersabda:  “Ada surat dari Alqur’an yang terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk“. (HR. Abu Dawud)
Disebutkan pula dalam hadits lain, yang artinya :
Anas bin Malik mengatakan, Rosululloh-shollallohu alaihi wasallam bersabda: “Ada surat dari Alqur’an, ia hanya terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat membela ‘temannya’ sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarok“. (HR. Thobaroni)

3.    Terhindar dari siksa kubur dan siksa neraka
Siapa sih yang tidak bahagia ketika dibebaskan dari pedihnya siksa kubur dan siksa neraka. Nah, dengan istiqomah membaca surat Al Mulk, kita akan mendapatkan manfaat tersebut.
Dari Abdulloh bin Mas’ud mengatakan: “Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Alloh azza wajalla menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rosululloh-shollallohu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). "Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabulloh, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. Nasa’i)

4.    Terhindar dari maksiat
Dengan memahami tafsir surat Al Mulk, maka mereka akan semakin memahami akan kebesaran Allah. Akibatnya mereka akan lebih taat pada Allah dan takut melakukan maksiat, baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan.
 “Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya.Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah” ( QS Al Mulk : 12 )

5.    Memberikan syafaat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bacalah al qur’an, karena sesungguhnya bacaan al qur’an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat bagi orang-orang yang membacanya (sewaktu di dunia).” (HR. Muslim no. 804).

Berikut penjelasan keutamaan Surah Al Mulk dari Ustad Khalid dan Ustad Yusuf Mansyur





Setelah mengetahui besarnya fadhilah dari membaca surah Al-Mulk ini, pastinya kita akan berusaha lebih semangat lagi, bukan? 😊 Sahabatku kelak dikubur tidak akan ada yang menolong kita selain amalan yang kita lakukan. Al-Quran akan menjadi penolong kita di kubur nanti. Dalam sebuah riwayat dikatakan kalau seseorang meninggal dan rutin membaca apalagi hafal Qur'an maka Al-Qur'an itu akan berdiri disekitarnya dan mengatakan kepada para Malaikat: Ini adalah orang yang rutin membacaku maka jangan kalian menghukumnya.
Semoga Allah mudahkan langkah kita untuk lebih istiqomah lagi membaca surah Al Mulk. Aamiin, Ya Rabb..

Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) : Pengertian, Tujuan, Indikator dan Temuan atas Kelemahan SPIP

Sistem Pengendalian Internal  Pemerintah       Sistem Pengendalian Internal diperlukan oleh semua entitas dalam pelaksanaan kegiatan operais...